TRANSFORMASI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM MASA PANDEMI COVID 19

             Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk merubah setiap karakter yang ada di dalam individu guna membangun suatu bangsa. Tanpa adanya suatu pendidikan, suatu hal penting untuk generasi penerus bangsa tidak akan terbentuk dengan baik. Pengertian inipun selaras dengan tujuan pendidikan Indonesia yang tercantum di UU No. 20 tahun 2003” Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktiv mengembangkan potensi dirinyaa untuk memiliki kekuatan spritual keagaaman, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat ,bangsa, dan negara.

            Namun, semua itu tidak sejalan di dalam pendidikan sekarang ini. Tahun ini pendidikan mengalami fase yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Adanya perubahan-perubahan sistem pendidikan mulai dari pembelajaran tatap muka berubah menjadi Pembelajaran jarak jauh.

            Perubahan ini dikarenakan adanya sebuah akibat yang sedang terjadi di Negara Indonesia dan negara lainya. Dampak semua ini merubah segala sistem yang ada di dalam pendidikan baik untuk gurunya ataupun peserta didiknya. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dalam penyebaran penyakit covid 19 .

            Perubahan ini tidak semata-mata berhasil menyuseskan peserta didik menjadi lebih giat dalam proses pembelajaranya. Banyak peserta didik yang mengeluhkan sistem pembelajaran tidak jelas hanya sebatas membagikan materi tanpa ada penjelas atau bahkan sekedar memberikan tugas.Pengaruh ini juga berdampak pada karakter setiap peserta didiknya dalam proses pembelajaran jarak jauh

            Karakter yang dimilki oleh setiap individu juga akan memberian pengaruh yang luar biasa pada kelompok dimana dia berada. Hal ini seiring dengan pendapat yang dikemukana oleh Cicero (Dalam lickona, 2012;12) yang menyatakan bahwa” Dalam karakter  warga negara, terletak kesejahteraan bangsa” Pandangan terssebutjelas menunjukan bahwa kumpulan karakter dari individu-individu lah yang akan mempengaruhi  kesejahteraan suatu bangsa.

            Karakter merupakan kekuatan yang akan mengendalikan kehidupan suatu bangsa agar tidak terombang-ambing. Jika suatu individu memiliki karakter yang baik maka masa depan negara tersebut kemungkinan besar akan baik. Begitu sebaliknya, jika individu menunjukan karakter yang tidak baik maka kehidupan negara tersebut kemungkinan besar juga akan tidak baik.

            Karakter tersebut yang sedang terjadi didalam individu peserta didik, transformasi karakter dalam dirinya mengalami perubahan yang sangat signifikan. Perubahan ini sangat terlihat jelas di dalam karakter kedisiplinan setiap individunya. Mulai dari mereka tidak mengerjakan suatu tugas yang diberikan oleh pengajarnya, bangun setiap hari sampai jam 10 siang, membaca buku, dan lain sebagainya.

             Hal ini perubahan-perubahan yang terjadi dalam setiap individu peserta didiknya akan terus-menerus mengakar pada setiap individunya ketika masih menggunakan sistem pendidikan seperti ini. Tidak dipungkiri kegiatan pembelajaran jarak jauh ini bertujuan untuk mencegah penularan virus covid ini, tetapi semakin menerapkan sistem seperti ini akan terus memperburuk karakter yang ada di setiap individunya.

Duanda Caesar Sugiharto, S.Pd

Komentar

  1. Saya sangat setuju sekali dengan hal ini. Karena saya pribadi pun kadang memiliki rasa yang amat sangat malas mengerjakan tugas. Kadang merasa bosan juga dengan PJJ ini. Belajar dirumah pun tidak sama seperti di sekolah, saya tidak bisa konsentrasi dalam waktu yang cepat jika belajar dirumah.

    -Salsa 7f

    BalasHapus
  2. Saya sangat setuju dengan hal ini


    Fahrel 7.F

    BalasHapus
  3. Saya sangat setuju sekali dengan hal ini.


    Zildjian 7A

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDEMI BELUM KELAR, MASYARAKAT MULAI ACUH

Materi PPKn Kelas VIII Bab 4. Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan - Sub Bab C

Materi PPKn Kelas VII Bab 4. Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika - Sub Bab B